20 Maret 2009

Remaja dan 17 tahun

Merayakan Ultah sebagai Tradisi
Kalau mendengar kata tradisi ini memang sudah terbayang slogan salah satu nama produk makanan yang sering ditayangkan TV Swasta yang amat terkenal itu. Bunyinya “Sudah Tradisi. Hehehehhee”. Siapa saja tentu sah sah saja merayakan ulang tahun bersama sama. Malah sebagian besar para orang tua sampai harus merogoh kocek dalam dalam hanya untuk merayakan Ulang Tahun anaknya. Tradisi merayakan hari ulang tahun dari tahun ke tahun tidak banyak mengalami perubahan yang signifikan. Yang standar yang umumnya ada dalam setiap perayaan Hari Ulang Tahun adalah sajian makanan baik itu kue kue Ultah ataupun penganan kecil lainnya. Lengkap dengan sajian minumannya juga. Masa cuma makan aja, nda minum. Nanti keselek tau rasa loh.
Bagi sebagian masyarakat tradisi merayakan ulang tahun sudah sangat mengakar sebagai dampak dari tradisi yang kian menguat dalam kultur masyarakat kita. Entah ultahnya para petinggi negara, para artis, buruh, pelajar, karyawan hingga sampai kepada kultur masyarakat paling intelek sekalipun yakni kalangan cendekiawan.
Begitu kentalnya kultur merayakan Ulang Tahun ini sampai timbul semacam “keharusan” atau bahkan mungkin semacam "kewajiban" yang harus dibayar tunai. Sering kita dengar ada remaja yang maksain diri ngadain pesta ultah, meski isi koceknya terbilang cekak abis. Biar tekor asal kesohor. Begitu kira-kira prinsipnya. Apalagi ketika usia remaja menginjak 17 tahun, atau biasanya disebut dengan sweet seventeen. Yang katanya wajib dirayakan unutk membuktikan kedewasaan mereka. Soalnya tiap remaja memiliki pendapat sendiri – sendiri.
Pendapat remaja tentang sweet seventeen:
1. red_prince
soalnya kalo udah 17 taun baru boleh baca/nonton bokep, jadinya dirayain. :D
2. gambar ceki
kalo bagi cewe mungkin ya... berarti. kalo cowo rasanya ga terlalu dipentingkan.kalo jaman dulu emang ada kan film 17 th keatas. trus u dpt KTP, SIM umur 17 jg. cuma sekarang kayaknya sudah maju 1 th ya...
3. Tik-tok man
menandakan kedewasaan seseorang makanya banyak orang merayakannya, manis karena akan merasakan kebebasan
4. zendrei
kenapa setiap orang ngerayain sweat seventeen? Ada sejarahnya? dan emangnya 17tahun itu terlihat manis kah? yang jelas dan fakta malah menandakan seseorang sudah tambah umur bukan, lantas kenapa dibangga-banggain ultah ke 17...
5. gogon_gundrung
karena film-2 dewasa di indonesia (dulu ) selalu tertulis 17 tahun ke atas, jadi dirayakan karena sudah bisa nonton film dewasa, so harusnya sekarang sweet 21-an ya.. krn film dewasa tulisannya 21 th ke atas.
6. Windy Reed
btw, menurut gw karena 17 udah dianggep gede dan punya KTP jadinya kayak initiation ceremony di mana seseorang sudah diakui sebagai bagian dari masyarakat. Terus kalau kena pidana juga udah disidang nggak beda ama orang umur 60an. Masuk penjaranya juga ke penjara orang dewasa.
Walaupun ada yang dirayakan ada yang tidak, intinya kedewasaan seseorang tidak diukur dari usia 17 tahun lho. Sebaiknya perayaan ulang tahun jangan dijadikan tren atau gaya hidup. Lebih baik bersyukur karena usia bertambah sehingga bisa berbuat baik kepada sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar